Essay asa depan dan masa lalu

Perkenalkan namaku Rifda Afadiyah. Aku lahir di Sidoarjo pada 10 Agustus 2005, dan saat ini aku adalah seorang mahasiswa yang sedang mengejar impian untuk menjadi seorang perawat yang kompeten dan bisa berkontribusi bagi masyarakat. Aku adalah anak kedua dari tiga bersaudara, aku punya kakak laki-laki yang juga sedang berkuliah jurusan perkapalan dan adikku yang masih kelas 6 sekolah dasar, aku tinggal bersama kedua orang tuaku yang syukurnya selalu mendukungku dalam setiap langkah yang kuambil. Aku memiliki ketertarikan yang kuat terhadap kucing, yang menurutku adalah hewan sangat cantik, elegan, sangat menenangkan dan penuh kasih sayang. Selain itu, hobi-hobi ku termasuk bermain game, mendengarkan musik, menonton anime, aku juga suka belajar bahasa baru, yang saat ini sedang menekuni bahasa jepang agar aku bisa menonton anime tanpa subtitle yang sudah menjadi pelarian dan sarana hiburan di tengah kesibukan sehari-hari.

Sejak kecil, aku sudah tertarik pada berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan. Keinginan untuk membantu orang lain dan memberikan perawatan yang terbaik selalu menjadi motivasi utamaku. Hal ini semakin kuat ketika aku beranjak remaja dan mulai melihat pentingnya peran perawat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan latar belakang ini, aku memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di SMK jurusan keperawatan, di mana aku dapat belajar lebih mendalam tentang dunia kesehatan dan meraih pengalaman langsung di lapangan.

Pengalaman masa SMK ku merupakan salah satu fase penting dalam hidupku yang membentuk siapa diriku saat ini. Saat bersekolah di SMK, aku melakukan ujian LSP dimana penguji nya bukan orang dari sekolahku, itu membuat kami(para siswa) menjadi sangat gugup, namun syukurlah semuanya lolos dan kami mendapatkan sertifikat yang saat itu menjadi syarat kelulusan di SMK, aku juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) di beberapa tempat, seperti puskesmas krian dan rumah sakit HM Mawardi atau Yapalis. Kegiatan PKL ku ini masing-masinh berlangsung selama total 2,5 bulan, memberikan banyak pengalaman yang sangat berharga bagiku. Selama masa PKL, aku belajar bagaimana menghadapi pasien, bekerja sama dengan tenaga medis lainnya, serta memahami tanggung jawab yang besar sebagai calon tenaga kesehatan. Pengalaman ini juga memberiku wawasan tentang pahit manis nya berbagai situasi yang mungkin dihadapi oleh seorang perawat, dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks.

Di masa SMK, aku juga belajar banyak hal tentang bagaimana cara bekerja dalam tim dan pentingnya organisasi. Meskipun tidak banyak terlibat dalam organisasi formal di sekolah, aku tetap berusaha untuk selalu aktif dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan. Dari sini, aku belajar tentang kepemimpinan, tanggung jawab, dan bagaimana cara berkomunikasi dengan baik dalam tim. Pengalaman ini sangat berharga karena mempersiapkan ku untuk kehidupan di perguruan tinggi, di mana peran organisasi dan kemampuan bekerja sama akan menjadi sangat penting.

Setelah lulus dari SMK, aku memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan mengambil jurusan keperawatan. Pilihan ini bukan tanpa alasan; sejak awal, aku sudah memiliki tujuan yang jelas, yaitu ingin belajar lebih lanjut tentang keperawatan dan mempersiapkan diri untuk berkontribusi lebih besar bagi bangsa. Bagiku, profesi perawat bukan sekadar pekerjaan, tetapi panggilan hidup untuk membantu sesama dan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. Aku percaya bahwa dengan pendidikan yang tepat dan pengalaman yang memadai, aku akan mampu mencapai tujuanku ini.

Menjadi seorang mahasiswa bukanlah hal yang mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi, mulai dari beban akademik yang berat hingga tekanan untuk terus berkembang secara pribadi dan profesional. Namun, aku selalu berusaha untuk tetap fokus pada tujuan utamaku. Bagiku, kunci untuk mencapai tujuan adalah dengan rajin belajar dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik setiap hari. Selain itu, aku juga berencana untuk aktif dalam berbagai organisasi di kampus, baik yang berkaitan dengan bidang keperawatan maupun kegiatan lain yang dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kerja sama.

Organisasi di kampus yang insyaallah akan memberiku kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang manajemen waktu, cara berkomunikasi yang efektif, dan bagaimana memecahkan masalah dalam kelompok. Aku percaya bahwa dengan terlibat aktif dalam organisasi, aku dapat mengasah kemampuanku yang nantinya akan sangat berguna dalam dunia kerja, terutama dalam profesi keperawatan yang menuntut kemampuan berinteraksi dengan banyak orang, termasuk pasien, keluarga pasien, dan rekan kerja.

Selain ingin aktif dalam berbagai organisasi, aku juga berencana untuk terus meningkatkan pengetahuanku di bidang keperawatan dengan cara rajin belajar dan mengikuti berbagai seminar atau workshop yang berkaitan dengan kesehatan. Dengan begitu, aku dapat selalu update dengan perkembangan terbaru di dunia kesehatan dan bisa menerapkannya dalam praktik nanti. Aku juga percaya bahwa belajar tidak hanya sebatas di kelas, tetapi juga bisa dilakukan melalui berbagai pengalaman, baik itu dari kegiatan ekstrakurikuler, magang, maupun berinteraksi dengan orang-orang di sekitarku.

Untuk mencapai semua itu, aku harus memiliki disiplin yang tinggi dan manajemen waktu yang baik. Aku menyadari bahwa menjadi mahasiswa dengan berbagai tanggung jawab, baik akademik maupun organisasi, akan sangat menuntut waktu dan tenaga. Oleh karena itu, aku harus pintar-pintar mengatur waktu agar semua tugas dapat diselesaikan dengan baik tanpa mengorbankan kesehatan dan kehidupan sosialku. Selain itu, aku juga perlu menjaga keseimbangan antara kehidupan akademik dan pribadi, agar tetap bisa menikmati masa-masa kuliah dengan baik.

Pada akhirnya, semua usaha dan kerja keras ini aku dedikasikan untuk mencapai impian dan tujuan hidupku. Aku ingin menjadi seorang perawat yang tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga memiliki empati dan dedikasi yang tinggi dalam memberikan pelayanan kesehatan. Aku ingin bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam hal peningkatan kesehatan dan kesejahteraan. Bagiku, menjadi perawat adalah cara untuk berkontribusi langsung bagi bangsa, membantu mereka yang membutuhkan, dan memberikan harapan bagi yang sedang berjuang melawan penyakit.

Kesimpulannya, perjalananku sejauh ini telah membawaku pada banyak pengalaman dan pelajaran yang berharga, baik itu dari masa kecil, masa SMA/SMK, hingga sekarang di perguruan tinggi. Setiap langkah yang kuambil, baik itu dalam belajar, berorganisasi, maupun berinteraksi dengan orang lain, semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mencapai impianku menjadi seorang perawat yang profesional dan berguna bagi bangsa. Dengan semangat belajar yang tinggi, keterlibatan aktif dalam organisasi, serta manajemen waktu yang baik, aku yakin bahwa aku akan mampu mencapai tujuan tersebut dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Perjalanan ini mungkin masih panjang, tetapi aku siap untuk terus melangkah, belajar, dan berkembang demi mewujudkan impian dan tujuanku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 kunci untuk membangun ketangguhan mental

My digital portofolio Day 2

Materi Hari H pkkmb prodi